Senin, 14 Maret 2016

Sejarah Majapahit

Majapahit


Majapahit adalah suatu kerajaan yang berpusat di Jawa timur  , Indonesia , yang pernah berdiri  dari sekitar tahun 1293 hingga 1500 Masehi . Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya menjadi kemaharajaan raja yang menguasai wilayah yang luas di nusantara pada massa kekuasaan Hayam Wuruk , yang berkuasa dari tahun 1350 sampai 1389.

Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Budha terakhir yang menguasai nusantara dan di anggap sebagai salah satu  dari negara terbesar dalam sejarah Indonesia.
Menurut Negarakertagama , kekuasaannya terbentang di Jawa,Sumatera, semenanjung  Malaya, Kalimantan , hingga Indonesia timur , meskipun wilayah kekuasaannya masih di perdebatkan .

History

Hanya terdapat sedikit bukti fisik dari sisa" kerajaan Majapahit . Dan sejarahnya tidak jelas .sumber utama yang digunakan oleh para sehat awan adalah pararaton ( kitab raja" ) dalam bahasa Kawi dan  Negarakertagama dalam bahasa kuno . Pararoton utama menceritakan Ken arok ( pendiri kerajaan Singasari ) namun juga memuat beberapa bagian pendek , mengenai terbentuknya Majapahit . Sementara itu.  Negarakertagama merupakan puisi kuno yang tulis pada masa keemasan kerajaan Majapahit dibawah pemerintahan hantam Wuruk . Kakawin Negarakertagama pada tahun 2008 diakui sebagai dalam . Daftar ingatan dunia oleh "UNESCO" . Setelah masa itu, hal yang terjadi tidak jelas . Selain itu terdapat beberapa prasasti dalam bahasa Jawa kuno maupun catatan sejarah dari  Tiongkok dan negara" lain.



Keakuratan semua naskah berbahasa Jawa  tersebut di pertentangkan. Tidak dapat di sangkal bahwa sumber" itu memuat unsur non historis dan mitos. Beberapa sarjana seperti C.C berg menganggap semua naskah tersebut bukan catatan mas lalu , tetapi miliki arti supernatural dalam hal dapat mengetahui masa depan . Namun, banyak pula sarjana yg beranggapan bahwa garis besar sber" tersebut dapat diterima karena sejalan dengan catatan sejarah dari Tiongkok khususnya .menurut guru besar arkeologi Asia tenggara " national universitas of Singapore John n. Miksic jangkau kekuasaan Majapahit meliputi Sumatera dan Singapura bahkan Thailand yg di buktikan dengan pengaruh kali kebudayaan , corak bangunan , candi , panting dan seni .bahkan ada perguruan silat bernama kali Majapahit yang berasal dari philipina dengan anggotanya dari asian dan Amerika . Silat kali Majapahit ini mengklaim berakar dari kerajaan Majapahit kuno yg di sebut menguasai philipina , Singapura , Malaysia dan selatan Thailand .

Jatuhnya Majapahit 

Sesudah mencapai puncaknya pada abab ke14 , kekuasaan Majapahit berangsur-angsur melemah. Setelah wafatnya Hayam Wuruk. Pada tahun 1389,  Majapahit memasuki masa kemunduran akibat konflik perebutan tahta. Pewaris Hayam Wuruk adalah putri mahkota kusumawhardhani , yang menikahi sepupunya sendiri , pangeran wikramadharma . Hayam Wuruk juga memiliki seorang putra dari selirnya Wirabhumi yang jg menuntut haknya atas tahta , perang saudara yang si sebut perang paregreg diperkirakan terjadi pada tahun 1405-1406 antara Wirabhumi melawan wikramadharna. Perang ini akhirnya dimenangi wikramadharna , sementara Wirabhumi ditangkap dan kemudian di pancung . Tampaknya perang saudara ini melemahkan kendali Majapahit atas daerah" tahklukannya di seberang .
Pada kurun pemerintahan wikramadharna . Serangkai ekspedisi laut dinasti ming yang dipimpin oleh laksamana Cheng HO , seorang jenderal muslim China , tiba di Jawa beberapa kali antara kurun waktu 1405 sampai 1433 sejak tahun 1430 ekpedisi Cheng HO ini telah menciptakan komunitas muslim China dan Arab di beberapa kota pelabuhan 
Pantai utara Jawa seperti di Semarang , Demak , Tuban dan Ampel . Maka Islam pun memulai memiliki pijakan dipantai utara Jawa .
Wikramadharna memerintah hingga tahun 1426 , dan diteruskan oleh putrinya ratu Suhita yang memerintah tahun 1426 sampai 1447 ia adalah putri kedua wikramadharna dri seorang selir yang juga putri kedua Wirabhumi . Pada tahun 1447 . Suhita mangkat dan pemerintahan dilanjutkan .
Oleh kertawijaya , adik laki"nya ia memerintah hingga tahun 1451 , setelah kertawijaya wafat bhre pamotan menjadi raja dengan gelar rajasawhardana dan memerintah di Kahuripan . Ia wafat pada tahun 1453 terjadi jeda waktu 3 tahun Tan raja akibat akibat krisis pewaris tahta . Girisawhardana pada tahun 1468 pangeran Kertabumi memberontak an terhadap singhawikradharna dan mengakat dirinya sebagai raja Majapahit .
Ketika Majapahit didirikan , pedagang muslim dan para penyebar agama sudah mulai memasuki nusantara . Pada akhir abab 14 dan awal abab 15 . Pengaruh Majapahit di seluruh Majapahit mulai berkurang , pada saat bersamaan sebuah perdagangan baru yang berdasarkan Islam yaitu kesultanan Malaka mulai muncul dibagikan nusantara , di bagian barat kemaharajaan yg mulai runtuh, ini majapahit tak menguasai lagi membendung kesultanan Malaka yang pada pertengahan abab ke15 mulai menguasai sekat Malaka dan melebarkan kekuasaannya ke Sumatra . 
Sementara itu jajahan dan daerah Taklukan Majapahit di daerah lainnya di nusantara satu Persatu mulai mulai melepaskan diri dari kekuasaan Majapahit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar