Jumat, 11 Maret 2016

Info Borobudur

                                      Candi Borobudur


Borobudur adalah sebuah candi Budha yg terletak di Borobudur, Magelang Jawa tengah,Indonesia lokasi candi adalah kurang lebih lebih 100km di sebelah barat daya Semarang,86 km di sebelah baratsurakarta , dan 40km di sebelah laut Jogjakarta .


Informasi umum:

•gaya Arsitektur .stupa dan candi
•letak .kecamatan Borobudur ,sekitar 3km dari kota mungkid (ibukota kabupaten Magelang      Jawa tengah)
•negara . Indonesia 
•koordinat . 7 derajat 36'29"LS110derajat12'14"BT/7,608derajatLS110,204deeajatBT
•awal konstruksi . Sekitar 770M
•selesai .sekitar 825M
•klien. Sailendra



Detail teknis .


Sistem struktur : Piramida Berundak dari susunan blok batu an desit yang saling mengunci .
Ukuran.            :luas 123x123 meter, tinggi kini 35meter, tinggi asli 42metee (CHATTRA).
Desain.             :GUNADHARMA.




Monumen ini terdiri dari atas 6 teras berbentuk bujur sangkar yang di atasnya terdapat 3 pelataran yang melingkar ,pada dindingnya dihiasi dengan 2,672 panel relif dan aslinya terdapat 503 arca Budha .

Borobudur memiliki koleksi relif Budha terlengkap dan terbanyak di dunia . Stupa utama terbesar ditengah sekaligus menahkodai bangunan ini di kelilingi 3 barisan melingkarb72 stupa berlubang di dalamnya terdapat arca buddhabtenagh duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan muda ( sikap lengan). 
Monumen ini merupakan model alam semesta dan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Budha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun Umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijakan sesuai ajaran Budha. Para peziarah masuk melalui pesisir timur memulai ritual dasar candi BOROBUDUR dengan berjalan melingkari bangunan suci searah jarum jam, sambil terus baik ke undakan berikutnya Melalui 3 tingkatan ranah dalam kosmologi Budha , ketiga tingkatan tsb adalah kamadhatu , rupadhatu , arupadhatu dalam perjalannya ini peziarah berjalan melalui serangkai lorong dan tangga dengan menyajikan tak kurang dari 1,460 relif indah yang terletak indah yang terukir pada dinding dan pangar langan.


Sekian. 

Info lain dapat kalian dilihat di link ini : indoboys1.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar