Sabtu, 12 Maret 2016

Candi Prambanan

                                               Candi Prambanan 


Candi Prambanan atau candi loro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yg di bangun pada abab ke 9 Masehi.
Mulai dibangun : 850 Masehi
Tinggi.               : 47 meter
Di buka.             : 856 Masehi
Provinsi.            : Jawa tengah
Gaya Arsitektur : Arsitektur candi Hindu



Candi Prambanan adalah kompleks candi terbesar yang dibangun pada abad ke9 Masehi . 
Candi ini persembahan untuk Trimurti tiga dewa utama Hindu yaitu ; brama sebagai dewa pencipta , Wisnu sebagai dewa pemelihara dan siwa sebagai dewa pemusnah .


Berdasarkan prasasti siwagraha nama asli kompleks candi ini adalah siwagraha ( bahasa Sansekerta yang bermakna rumah siwa ) dan memang di garbagriha ( ruang utama ) . Candi ini di bersemayam arca siwa Mahadewi setinggi 3 meter yang menunjukkan bahwa di candi ini dewa siwa lebih di utamakan , kompleks candi ini terletak di kecamatan ( Prambanan ) Sleman dan kec (Prambanan) Klaten . Kurang lebih 17 kilometer timur laut Jogjakarta , 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang , persis di perbatasan antara provinsi Jawa tengah , dan Daerah istimewa Yogyakarta . Letaknya sangat unik , candibprambanan terletak si wilayah administrasi desa makoharjo , Prambanan , Sleman . Sedangkan pintu masuk kompleks candibprambanan terletak di wilayah administrasi desa , tloga Prambanan , kaleten.


Candi ini adalah termasuk situs warisan dunia UNESCO candi Hindu terbesar di Indonesia sekaligus salah satu candi terindah asia tenggara
Arsitekhhgftur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan Arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi siwa sebagai candi utama dengan memiliki ketinggian mencapai 47meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi yang lebih kecil . Sebagai salah satu candi termegah di Asia tenggara , candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia .


Menurut prasasti siwagraha . Candi ini mulai di bangun pada  sekitar tahun 850 Masehi oleh ( rakai Pikatan ) dan terus di kembangkan dan di perluas oleh Belitung maha sambi pada masa kerajaan memang Mataram .




Sekian : info lain bisa di lihat di link berikut ; indoboys1.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar